4 Macam Kondisi Cedera Engkel Kaki yang Perlu Anda Ketahui

Jenis Cedera Engkel Kaki

Cedera engkel sebenarnya sangat umum terjadi dan sebagian besar orang pasti pernah merasakannya. Ini merupakan kondisi cedera yang menyerang bagian pergelangan kaki. Ada yang ringan dan bisa sembuh sendiri namun ada juga cedera engkel yang berat. Jika kondisinya berat dan parah maka butuh tindakan operasi. Biaya operasi engkel kaki pun sangat bervariasi tergantung tingkat keparahan dan rumah sakit.

Read More

Jenis Cedera Engkel Kaki

Ternyata kondisi cedera pada engkel kaki ini memiliki beberapa macam jenis. Jadi jika ingin mendapatkan solusi penanganan yang tepat, Anda harus bisa memahami jenisnya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa jenis kondisi cedera engkel kaki yang penting untuk diketahui:

1. Tendinitis

Pertama ada tendinitis yaitu kondisi dimana tendon mengalami iritasi. Tendon ini merupakan bagian yang akan menghubungkan area otot ke tulang. Jika bagian tendon mengalami iritasi maka fungsi dari tulang dan otot juga pasti akan menurun. Kondisi ini juga tidak hanya bisa menyerang bagian kaki namun juga di bagian persendian lainnya.

2. Keseleo

Ini merupakan jenis cedera engkel kaki yang paling umum terjadi. Biasanya keseleo atau terkilir terjadi saat kita melakukan aktivitas yang terbilang berat. Namun pada sebagian orang, kondisi ini bisa terjadi bahkan saat mereka berjalan seperti biasa. Jika sudah keseleo, maka area persendian akan terasa nyeri.

Keseleo sebenarnya terjadi saat ligamen mengalami peregangan atau pembengkakan. Ligamen ini adalah sebuah jaringan ikat yang bisa menghubungkan satu tulang dengan tulang lainnya. Tanda yang bisa muncul akibat kondisi ini adalah area kulit jadi memar, terasa nyeri, dan bisa bengkak.

3. Putusnya Tendon

Ada juga beberapa orang yang harus mengalami cedera engkel akibat putusnya tendon. Jelas sekali jika tendon putus maka kaki akan terasa begitu nyeri dan sulit untuk digerakkan atau ditekuk. Pada beberapa kasus, penderitanya tidak akan bisa berjalan karena terlalu sakit.

 

Jika memang kondisi tendon sudah putus, maka harus ada tindakan medis yang segera dilakukan. Apabila dokter menyarankan untuk operasi, maka konsultasikan lebih jauh. Baik mengenai prosesnya hingga biaya operasi engkel kaki yang harus ditanggung. Anda juga harus memastikan dulu bahwa tindakan tersebut adalah solusi yang terbaik.

4. Patah Tulang

Cedera engkel kaki juga bisa berupa patah tulang. Jika kondisinya memang sudah patah tulang maka sudah jelas harus ditangani oleh tenaga medis yang berpengalaman. Tingkat keparahannya bisa bervariasi, namun harus benar-benar diatasi dengan baik agar tidak berkembang parah dan merusak fungsi tubuh.

Anda bisa berkonsultasi masalah cedera engkel ini kepada dokter spesialis ortopedi. Dokter spesialis bidang ini memiliki kompetensi di bidang tersebut. Selain mengatasi masalah engkel kaki, dokter ortopedi juga punya kompetensi mengatasi masalah sistem muskuloskeletal lainnya. Termasuk menjalankan tindakan operasi lutut yang juga cukup umum dialami oleh masyarakat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.