5 Faktor Penyebab Kekurangan Vitamin E

  • Whatsapp


Vitamin E tidak hanya penting untuk regenerasi sel kulit tetapi sangat penting untuk koordinasi gerakan tubuh dan juga kesehatan penglihatan. Kekurangan vitamin E bisa menyebabkan berbagai penyakit mulai dari penyakit kulit dan juga penyakit kronis.

Penyebab Kekurangan Vitamin E

Penyebab kekurangan vitamin E tidak hanya berasal dari luar tubuh, tetapi juga berasal dari dalam tubuh. Beberapa penyebab kekurangan vitamin E dari dalam dan maupun dipengaruhi faktor luar tubuh antara lain:

Read More

1. Penyakit Kronis

Beberapa penyakit kronis bisa menyebabkan tubuh kekurangan vitamin E. Tubuh yang sehat tanpa gangguan penyakit dalam dapat melakukan penyerapan lemak yang berfungsi juga untuk menyerap kandungan vitamin E dari bahan makanan atau suplemen.

Terdapat penyakit kronis yang menyebabkan tubuh kehilangan daya untuk mencerna lemak. Oleh karena itu, vitamin E yang masuk ke dalam tubuh juga tidak bisa dicerna dengan benar.

Penyakit kronis yang dapat menyebabkan seseorang bisa kekurangan vitamin E antara lain adalah penyakit autoimun seperti penyakit celiac. Seseorang yang mengidap penyakit ini tidak dapat mengonsumsi makanan-makanan dengan kandungan gluten. Penyakit ini juga dapat merusak jonjot usus halus yang merupakan tempat penyerapan vitamin untuk tubuh, salah satunya vitamin E.

Penyakit lain penyebab kekurangan vitamin E adalah penyakit pankreas. Pankreas yang meradang atau rusak akan sulit menghancurkan makanan yang masuk. Karena makanan tidak bisa dihancurkan dengan sempurna, maka tubuh juga tidak bisa menyerap vitamin maupun mineral yang sangat berguna untuk tubuh.

2. Kurang Asupan Makanan Sehat

Kekurangan asupan makanan sehat juga menjadi penyebab kekurangan vitamin E yang berasal dari luar tubuh. Biasakanlah untuk menyeimbangkan isi piring dengan berbagai macam sayuran.

Keseimbangan gizi dan asupan makanan merupakan langkah penting agar Anda tidak mengalami kekurangan vitamin, terutama vitamin E. Anda juga bisa berkonsultasi pada dokter apabila membutuhkan suplemen tambahan sehingga kebutuhan vitamin E Anda tetap terjaga.

Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang adalah cara yang murah dan mudah untuk menjaga asupan vitamin E.

3. Gangguan Pencernaan

Penyakit gangguan pencernaan juga memicu kekurangan vitamin E di dalam tubuh. Vitamin seharusnya larut bersama lemak di dalam tubuh. Keduanya ini dapat hancur di dalam sistem pencernaan yang sehat.

Apabila seseorang mengalami gangguan pencernaan, dia bisa saja mengalami masalah dalam penyerapan vitamin E. Hal ini bisa tampak pada kondisi kulit dan juga mata.

4. Faktor Keturunan

Salah satu faktor langka yang menjadi penyebab kekurangan vitamin E adalah karena faktor keturunan. Untuk masalah ini, pendampingan dari dokter sangat dibutuhkan. Selain itu, Anda juga bisa melacak mengenai siapa saja di dalam keluarga besar yang memiliki gejala sama.

5. Kelainan Genetik

Selain faktor keturunan, faktor langka tetapi bisa saja terjadi pada seseorang adalah kelainan genetik. Kedua penyebab ini bisa mengakibatkan kekurangan vitamin E akut.

Jika hal ini terjadi, maka pengidap kelainan genetik bisa mengalami gangguan atau penyakit mulai dari gangguan penglihatan, kesehatan kulit, anemia, dan juga kondisi yang disebut dengan abetalipoproteinemia atau ketidakmampuan tubuh dalam menyerap lemak.

Kelainan genetik terjadi karena pengaruh keturunan dari orang tua. Oleh karena itu, sebelum melakukan program hamil, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan tubuh secara menyeluruh terlebih dahulu. Terutama apabila Anda memiliki penyakit bawaan.

Dengan melakukan pemeriksaan sejak dini, dokter kandungan bisa memberikan masukan dan juga terapi yang menunjang agar buah hati Anda sehat.

Kekurangan vitamin E tidak hanya berdampak pada tampilan kulit, tetapi juga keseimbangan tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu, cukupilah kebutuhan vitamin serta melakukan pengecekan kesehatan secara rutin bagi Anda yang rentan kekurangan nutrisi atau vitamin tertentu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *