Cara Mengobati Batuk

sumber : canva

Saat musim penghujan tiba biasanya sering timbul berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri dan virus. Karena memang bakteri dan virus ini lebih aktif dan berkembang pada saat musim hujan. Adapun penyakit yang sering timbul menjangkit manusia pada saat musim penghujan ini adalah salah satunya adalah batuk.

Cara Mengobati Batuk

Kini sudah banyak jenis obat yang bisa digunakan untuk mengobati batuk, salah satunya adalah Mucpect. Mucopect Sirup merupakan obat batuk yang mengandung Ambroxol hydrochloride. Obat berbentuk sirup ini digunakan untuk mengobati batuk mukolotik (berdahak) pada saluran pernafasan akut dan kronik khususnya pada bronkitis asmatik dan bronkitis kronik.

Read More

Adapun cara kerja obat ini adalah dengan meningkatkan produksi sekresi saluran napas dengan memproduksi surfaktan paru serta menstimulasi aktivitas siller sehingga menyebabkan peningkatan kelenjar mukus.

Dosis

Anak usia 6-12 tahun : 5 ml (1 sendok takar) sebanyak 2-3 kali sehari

Anak usia 2-6 tahun : 2.5 ml (0,5 takar) 3 kali sehari

Anak usia dibawah 2 tahun : 2,5 ml (0,5 sendok takar) 2 kali sehari

Efek Samping

Gangguan gastrointestinal : mual, muntah, diare, dispepsia, nyeri perut, mulut kering, dan tenggorokan kering.

Gangguan sistem imun : hipersensitivitas, syok anafilaksis, angiodema dan pruritus.

Cara Membuat Obat Batuk Alami

Selain dengan menggunakan obat kimia, anda juga bisa mengobati batuk dengan obat herbal alami. Berikut beberapa cara membuat obat batuk alami:

1. Jahe

Jahe ini memang terkenal sebagai rempah-rempah yang bisa dijadikan obat alami untuk mengatasi batuk. Rasanya yang khas bisa menghangatkan tenggorokan sehingga bisa meredakan batuk yang diderita. Untuk bisa memanfaatkan jahe ini sebagai obat batuk herbal, anda bisa mencoba untuk menyeduh beberapa iris jahe dengan air panas lalu tunggu selama beberapa menit. Setelah hangat, anda bisa langsung meminum teh jahe tersebut sebagai obat batuk herbal. Selain itu, jahe juga bisa bermanfaat untuk mengatasi sakit tenggorokan serta mual-mual yang dirasakan pada saat terkena penyakit flu.

2. Nanas

Cara selanjutnya untuk mengatasi batuk secara alami adalah dengan cara mengkonsumsi nanas. Selain rasanya yang sangat manis, nanas inu juga bisa digunakan untuk meredakan batuk. Menurut penelitian bahwa nanas ini terdapat kandungan bromelain yang bisa meredakan batuk serta mengencerkan lendir di tenggorokan. Untuk bisa mendapatkan manfaat nanas ini, anda bisa mengkonsumsi sepotong nanas atau 100 ml jus nanas segar sebanyak 3 kali dalam sehari.

3. Madu

Madu ini dari sejak zaman dahulu sangat terkenal yang merupakan salah satu minuman yang banyak sekali khasiatnya, termasuk untuk mengobati batuk. Adapun cara pembuatannya adalah sebagai berikut : Caranya cukup mudah yaitu dengan membuat minuman yang terdiri dari 2 campuran, yakni campuran 2 sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat, ditambah dengan perasan air lemon.

4. Air Garam

Jika anda mengalami batuk yang disertai gatal pada tenggorokan, anda bisa mencoba mengobatinya dengan cara berkumur dengan air garam. Cara pembuatannya adalah : cukup campurkan ¼ – ½ sendok teh garam kedalam 240 ml air hangat dan gunakan untuk berkumur, sehingga rasa gatal pada tenggorokan yang menyebabkan batuk tersebut bisa diredakan. Cara ini memang mudah dan sederhana, akan tetapi tidak direkomendasikan untuk anak di bawah usia 6 tahun, hal ini dikarenakan pada anak usia ini biasanya belum bisa berkumur dengan baik, sehingga takutnya malah tertelan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.