Inilah 2 Teknik Dasar Service Pada Tenis Meja yang Harus Dikuasai

inilah-2-teknik-dasar-service-pada-tenis-meja-yang-harus-dikuasai

Tenis meja atau pingpong merupakan salah satu olahraga yang cukup menyenangkan. Selain bisa membuat badan sehat dan bugar, olahraga yang satu ini juga bisa membuat pikiran lebih segar. Bagaimana tidak, Anda harus memikirkan teknik bermain agar bisa memenangkan permainan. Salah satunya, Anda harus menggunakan karet bet tenis meja terbaik agar bola tidak meleset.

Sama seperti olahraga bola kecil lainnya, tenis meja juga memiliki teknik khusus saat memainkannya. Salah satu teknik yang terbilang cukup sulit untuk dipelajari, yaitu service. Service merupakan salah satu teknik pukulan pertama untuk memulai permainan. Jika teknik yang dilakukan salah, kemungkinan besar Anda bisa mengalami kekalahan. Selain itu, teknik yang satu ini juga wajib dipelajari jika Anda sering melakukan pertandingan tenis meja.

Lalu, teknik dasar service apa saja yang harus dikuasai, berikut ulasannya.

Teknik Servis Forehand

Untuk melakukan teknik servis yang satu ini, sebaiknya perhatikan tipsnya seperti berikut:

1. Badan dalam posisi tegap, dengan kedua kaki selebar bahu dan lutut dalam posisi ditekuk.

2. Tangan kiri memegang bola tenis dengan telapak yang terbuka, dan tangan kanan memegang bet untuk memukul dengan arah lurus ke depan.

3. Jika sudah siap, lambungkan bola ke atas, lalu ayunkan bet saat bola sudah berada lurus dengan permukaan bola.

Meskipun terbilang cukup simpel, namun masih saja ada yang melakukan kesalahan saat melakukan servis forehand. Kesalahan tersebut di antaranya posisi badan yang terlalu kaku, cara memegang karet bet tenis meja yang keliru, sentuhan bat yang tidak akurat, posisi kaki yang tidak seimbang, dan lambungan bola yang terlalu rendah maupun terlalu tinggi.

Teknik Servis Backhand

Cara untuk melakukan servis yang satu ini juga terbilang simpel, namun Anda tidak bisa sembarangan dalam melakukannya. Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Berdiri tegap menghadap ke arah lawan, sementara posisi kaki kanan lebih condong ke depan.

2. Pastikan tangan kanan dalam posisi menyilang di samping badan saat memegang bet. Sementara itu, posisi siku ditekuk, dan punggung lengan bagian luarnya diposisikan mengarah ke depan.

3. Tangan kiri diposisikan memegang bola dengan arah sejajar dengan dada.

4. Jika sudah siap, ayunkan bet ke arah depan, sehingga bola bisa memantul dan menyeberangi net dengan sempurna.

Setelah mengetahui langkah-langkah di atas, pastikan Anda tidak melakukan kesalahan seperti memposisikan badan secara kaku, memegang bet dengan cara yang salah, proses melambungkan bola yang tidak pas, posisi kaki yang kurang seimbang, dan pukulan bet yang tidak tepat.

Selain kedua teknik di atas, ada beberapa gerakan yang perlu diperhatikan saat bermain tenis meja. Gerakan yang satu ini sangat penting agar proses melakukan servis, baik servis forehand maupun backhand bisa berjalan dengan baik. Adapun gerakan-gerakan yang harus diperhatikan, yaitu pandangan yang fokus, proses lemparan bola ke atas, ayunan tangan saat memukul bola menggunakan bet, proses perkenaan bola dengan bet, dan gerakan lanjut atau akhir.

Itulah dua teknik servis tenis meja yang harus Anda kuasai untuk menjadi seorang profesional. Selain memperhatikan teknis servisnya, Anda juga harus mempertimbangkan peralatan tenis meja yang digunakan. Pastikan Anda memiliki peralatan yang masih layak untuk digunakan. Jika tidak memiliki karet bet tenis meja yang bagus, Anda bisa membelinya secara online untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi Anda yang masih pemula dalam olahraga tenis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.