Kiat Merawat Mesin Cuci agar Lebih Awet dan Tahan Lama

  • Whatsapp

Para ibu masa kini bisa melakukan kegiatan lebih fleksibel dengan bantuan peralatan rumah tangga yang memanfaatkan kecanggihan teknologi, misalnya mesin cuci. Pastikan Anda menggunakan mesin cuci dengan baik agar tidak terjadi risiko kerusakan komponen mesin cuci. Kerusakan mesin pengering bisa membuat pakaian Anda tidak cepat kering, apalagi mencuci pada musim penghujan. Meskipun cara memperbaiki pengering mesin cuci tidak berputar bisa dilakukan sendiri, tetapi bisa saja Anda perlu service yang merogoh kocek lebih banyak.

Read More

4 tips ampuh merawat mesin cuci jangka lama

Mesin cuci yang rusak bisa disebabkan oleh kabel yang digigit tikus, proses mencuci yang terlalu banyak muatan, kapasitor mesin cuci rusak, dan lain-lain. Agar Anda bisa memiliki mesin cuci yang lebih awet dan tahan lama dipakai bertahun-tahun, sebaiknya simak beberapa cara merawat mesin cuci yang wajib Anda lakukan berikut :

1. Penempatan mesin cuci yang tepat

Bisa jadi permukaan lantai yang tidak rata bisa menyebabkan goyangan mesin cuci yang tidak normal. Bila mesin cuci memiliki bagian kaki belakang yang bisa disesuaikan dengan permukaan lantai, sebaiknya atur penempatan dengan baik. Goyangan yang membuat lantai dan dingin bergetar, maka gerakan goyang bisa memicu kerusakan pada komponen mesin cuci Anda.

2. Rajin membersihkan residu detergen

Penggunaan sabun detergen yang berlebihan akan menyebabkan residu sabun mempengaruhi kinerja mesin cuci. Anda wajib membersihkan bagian tabung dengan air ditambahkan beberapa cangkir cuka tergantung kapasitas tabung tersebut. Nantinya sisa detergen yang menumpuk akan hilang seiring Anda menyelesaikan satu siklus pencucian tersebut. Lakukan hal ini minimal sebulan sekali untuk hasil mesin cuci yang bebas dari residu detergen.

3. Hindari kesalahan pencucian

Kesalahan pencucian yang dimaksud adalah Anda memasukkan terlalu banyak pakaian kotor ke dalam mesin cuci. Perhatikan kapasitas mesin cuci sehingga mesin cuci tidak mengalami kelebihan kapasitas pencucian. Beban yang berlebihan tidak hanya merusak mesin cuci, tetapi pakaian yang Anda cuci tidak bersih secara maksimal.

Bila menggunakan mesin pengering di tabung yang berbeda, maka usahakan untuk mengeringkan pakaian sesuai kapasitas. Toh, Anda bisa mengeringkan pakaian lebih cepat sehingga bisa mengeringkan beberapa kali. Bila mesing pengering tidak berfungsi, coba cara memperbaiki pengering mesin cuci tidak berputar dengan mengecek komponen seperti tali pengering rem, mesin dinamo, Lid switch yang perlu diganti baru, dan lain-lain.

4. Rajin membersihkan mesin cuci

Selain Anda tidak boleh menggunakan terlalu banyak detergen saat mencuci baju, usahakan untuk rajin membersihkan mesin cuci. Pastikan kabel tidak terhubung dengan kontak listrik saat Anda mulai membersihkan bagian dalam komponen mesin cuci tersebut. Mesin cuci yang tidak dibersihkan dengan penumpukan sisa detergen acap menjadi tempat berkembang biak jamur, bakteri dan kuman yang membuat hasil pencucian dan pengeringan bau apek, alih-alih bersih dan wangi, ya!

Bila Anda menemukan adanya indikasi mesin cuci rusak, sebaiknya lakukan service berkala pada jasa layanan service mesin cuci yang terpercaya. Bisa jadi ada komponen mesin cuci yang mulai aus atau rusak sehingga perlu penggantian komponen yang baru. Pastikan Anda membeli mesin cuci yang berkualitas dengan jaminan garansi produk agar service bisa dilakukan tanpa biaya tambahan selama masa garansi tersebut.

Pilih pula produk detergen dan pewangi yang berkualitas agar tidak merusak komponen pada mesin cuci Anda, ya! Kini Anda bisa mencuci pakaian kotor kapan saja dengan muatan cucian sesuai kapasitas mesin cuci. Bila pengering tidak berputar pada mesin cuci tabung 1 atau 2, sebaiknya segera cari tahu penyebab lebih dulu agar Anda tahu cara memperbaiki pengering mesin cuci tidak berputar lebih maksimal.

 

Sumber

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/26/161013776/4-tips-merawat-mesin-cuci-agar-tetap-awet?page=all

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *