Penting! Ini 5 Tips Merawat Ban Serep Mobil

  • Whatsapp

Penting!-Ini-5-Tips-Merawat-Ban-Serep-Mobil
Ban serep merupakan ban cadangan yang pada mobil yang bisa digunakan ketika terjadi masalah pada ban utama. Keberadaan ban serep sangat penting untuk mengatasi kejadian tak diinginkan terkait ban. Dengan perannya yang sedemikian penting, ban serep ini perlu dirawat seperti ban mobil pada umumnya. Walaupun tidak terpakai, ban serep yang tidak dirawat dengan benar akan cepat rusak dan tidak lagi bisa digunakan.

Merawat Ban Serep Mobil

Lalu, bagaimana caranya merawat ban serep mobil? Berikut ini ada beberapa tips merawat ban serep yang bisa Anda ikuti.

Read More

1. Periksa tekanan angin ban

Yang pertama, periksa tekanan angin pada ban. Pastikan ban serep memiliki tekanan angin yang cukup. Dengan demikian, ban serep selalu dalam keadaan siap ketika dibutuhkan dan akan digunakan.

Meskipun tidak digunakan, tekanan angin pada ban serep bisa berkurang dan habis. Anda perlu melakukan pemeriksaan tekanan angin pada ban serep secara rutin, setidaknya sebulan sekali atau sebelum Anda melakukan perjalanan jauh.

2. Perhatikan usia ban

Tips yang kedua, perhatikan usia ban. Sama seperti barang-barang lainnya, ban mobil juga memiliki usia batasan penggunaan. Asosiasi Produsen Ban Indonesia membatasi pemakaian ban hanya 4 tahun sejak tanggal produksi.

Kode produksi pada ban bisa diketahui dari kode yang terukir di dinding ban. Kode ini berupa 4 digit angka. Misalnya kode 0420 berarti ban tersebut diproduksi pada minggu ketiga tahun 2020 dan bisa digunakan sampai tahun 2024.

Cari tahu kode produksi ban serep yang Anda miliki. Jika tahun produksinya sudah lebih dari 4 tahun, sudah seharusnya Anda mengganti ban tersebut karena masa pakainya sudah habis. Meskipun belum pernah dipakai atau baru beberapa kali dipakai, lebih baik Anda membeli ban serep baru agar lebih aman dan nyaman digunakan saat berkendara.

3. Jaga kebersihan ban serep

Yang ketiga, selalu jaga kebersihan ban serep. Ban serep yang ditaruh di bagian luar mobil atau bahkan di bagian bawah mobil tanpa tutup, sangat rentan kotor. Untuk itu, Anda perlu membersihkannya secara rutin karena hal ini bisa mengurangi kualitas dari ban tersebut.

Bersihkan ban serep dari berbagai debu dan kotoran yang menempel, termasuk kerikil-kerikil kecil yang menempel pada pola garis-garisnya. Anda juga bisa memberikan pelembab khusus ban atau perawatan khusus ban lainnya untuk menjaga kualitas ban serep tetap baik.

4. Gunakan pelindung ban serep

Tips yang ketiga, Anda bisa menggunakan pelindung atau cover untuk ban serep. Gunakan cover ini saat menyimpan ban serep sehingga ban tetap bersih dan terhindar dari segala kotoran. Tidak hanya itu, cover ini juga berfungsi agar ban aman dari terpaan cahaya matahari secara langsung dan juga terlindung dari hujan.

5. Tidak perlu semir ban

Yang kelima, Anda tidak perlu melakukan semir pada ban serep. Meskipun ada banyak artikel yang menyarankan Anda melakukan semir pada ban, Anda sebaiknya tidak melakukannya. Kenapa? Penggunaan cairan pengkilap seperti semir akan mempengaruhi kualitas ban. Semir hanya membuat tampilan ban lebih menarik dan tampak baru. Lebih baik hindari hal ini dan selalu upayakan untuk menjaga kebersihan ban serep.

Nah, itulah 5 tips merawat ban serep. Selalu ingat, ban serep sama pentingnya dengan keempat ban mobil lainnya. Meskipun posisinya sebagai ban kelima atau ban cadangan, ban serep harus mendapatkan perlakuan yang sama. Jadi, ketika ada hal yang tidak diinginkan terjadi pada salah satu ban utama, Anda tidak bingung lagi karena ban serep siap digunakan dan kondisinya pun baik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *